Welcome note from the editor

This site is dedicated to people who owns, drive, or just love to admire the exquisite machines made by the inventors of the automobile, Mercedes-Benz.

Here you can read news, stories, history and technical articles related to Mercedes-Benz.

Got an article that you think we should publish?
Send it to us at addict4dramatic@gmail.com

please enjoy,
sincerely,
the editor.

Friday, November 9, 2007

Sejarah lagi, kali ini mengenai AMG. Tuner Resmi Mercedes

The history of AMG

  • 1967-2002 : Dari perusahaan yang tersusun atas tiga orang menjadi perusahaan internasional dengan 580 orang karyawan
  • 40 tahun rekayasa teknologi tinggi untuk kendaraan Mercedes-Benz
  • Perintis dalam penyesuaian mobil terhadap tuntutan spesifik pemilik (tuner)
  • Kesuksesan di ajang-ajang motorsport dunia

Berawal 40 tahun lalu sebagai sebuah perusahaan yang menspesialisasikan diri di bidang tuning dan motorsport, Mercedes-AMG GmBH telah berkembang menjadi supplier kendaraan-kendaraan ekslusif berperforma tinggi dengan jumlah karyawan 580 orang dengan jajaran model yang tersebar dipasarkan diseluruh dunia.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1967 oleh Hans Werner Aufrecht dan Eberhard Melcher yang berasal dari kota Aufrecht, itulah asal usul nama AMG. Perusahaan ini menggambarkan dirinya sebagai spesialis rekayasa (engineering), konstruksi dan testing mesin-mesin balap. Pada awalnya perusahaan ini bermarkas di sebuah bangunan pabrik bubut tua yang bertempat di kota kecil Burgstall dekat Affalterbach.

Pada tahun-tahun awal, AMG berkonsentrasi membangun mobil-mobil yang didasarkan pada Mercedes-Benz 300 SE untuk berkompetisi di lomba-lomba balap turing Eropa. Tanpa menunggu lama, AMG mencetak sukses pada tahun 1971 dengan memenangi lomba ketahanan 24 jam di sirkuit Spa Francoschamps, Belgia, dengan sebuah 300SEL 6.8 yang dimodifikasi. Dua pembalap berbagi tugas dalam balap tersebut, Hans Heyer dan Clemes Schickendanz.

Sukses pada tahun 1971 tersebut menjadi awal dari deretan rekor prestasi yang senantiasa dicetak AMG sampai sekarang.

· 1980 : Mercedes 450 SLC AMG menjuarai European Touring Car Championship pada Gran Prix Nurgurgring.

· 1986 : Sebuah Mercedes 190 E 2.3–16 AMG mencetak dua kemenangan di German Touring Car Championship.

· 1988 : Mercedes 190 E 2.3-16 AMG memenangi empat balapan German Touring Car Championship. Tahun ini menandakan pertama kali terjadinya kerjasama resmi antara Mercedes-Benz dan AMG di motorsport.

· 1989 : Mercedes-Benz dan AMG adalah tim paling sukses di DTM, dengan Klaus Ludwig dan Johnny Cecotto mencatatkan tujuh kemenangan dengan AMG Mercedes-Benz 190 E 2.5-16 Evolution I.

· 1990 : Tahun pertama diturunkannya AMG Mercedes-Benz 190 E 2.5-16 Evolution II yang lebih bertenaga dari model sebelumnya.

· 1991 : AMG Mercedes Benz sukses merebut gelar tim terbaik DTM dengan Klaus Ludwig merebut gelar juara pembalap. Mercedes-Benz meraih gelar juara konstruktor. Pada waktu itu DTM mencapai puncak popularitasnya dengan setiap balapan ditonton oleh rata-rata 153 juta mata di seluruh dunia.

· !992 : Sekali lagi AMG menjadi tim juara dengan Mercedes-Benz sebagai juara konstruktor dan Klaus Ludwig sebagai juara klasemen pembalap di balik kemudi AMG Mercedes-Benz 190 E 2.5-16 Evolution II. Pada tahun ini Ellen Lohr, mengendarai AMG Mercedes-Benz 190 E 2.5-16 Evolution II menjadi pembalap wanita pertama yang berhasil menjuarai satu seri balap DTM. Tahun ini juga mencatat mantan juara dunia F-1 Keke Rosberg sebagai salah satu pembalap tim AMG Mercedes-Benz.

· 1993: Roland Asch merebut gelar Runner-Up di DTM dengan AMG Mercedes-Benz 190 E 2.5-16 Evolution II. Ini adalah musim terakhir bagi AMG Mercedes-Benz 190 E 2.5-16 Evolution II, mobil yang “sepanjang karirnya” menjuarai 50 seri DTM.

· 1994: Mercedes-Benz C-Class AMG yang ditenagai oleh mesin 6 silinder segaris dan system suspensi independent 10-link yang legendaris dan diturunkan dari model sebelumnya, mengawali debutnya di tahun ini. Sekali lagi Klaus Ludwig merebut gelar juara klasemen pembalap.

· 1995: AMG merebut gelar juara DTM untuk ketiga kalinya, pada tahuhn ini AMG juga berhasil merebut gelar juara International Touring Car Championship yang baru bergulir.

· 1996: dibawah kendali Bernd Schneider AMG Mercedes-Benz C-Class meraih gelar runner-Up di ITCC.

· 1997: Mobil baru Mercedes-Benz CLK-GTR yang dibangun AMG hanya dalam waktu 128 hari, mengantarkan Bernd Schneider sebagai juara dunia FIA GT Championship yang pertama.

· 1998: AMG Mercedes-Benz CLK-GTR mendominasi seri balap FIA GT, dengan Klaus Ludwig dan Richardo Zonta menjuarai SELURUH 11 seri yang dilombakan pada tahun itu. Tentunya AMG Mercedes juga mearih gelar juara dunia konstruktor.

· 2000: Ini adalah tahun pertama digelarnya seri balap DTM dengan format baru. AMG merebut gelar juara dengan Mercedes-Benz CLK-DTM yang dipiloti oleh Bernd Schneider.

· 2001: Pengulangan tahun sebelumnya, dengan Bernd Schneider merebut gelar juara klasemen pembalap DTM dan AMG sebagai juara klasemen tim.

· 2002: Kesukseskan CLK-DTM berlanjut kali ini dengan veteran pembalap F-1 Jean Alesi sebagai pembalap utama bagi tim AMG Mercedes-Benz.

Tunggu artikel kami berikutnya mengenai AMG yang akan memuat pencapaian teknologi AMG dari tahun ke tahun sejak pendiriannya.